HARI PENDIDIKAN NASIONAL 2018



Hari Pendidikan Nasional 2018

Tanggal 2 Mei merupakan hari kelahiran seorang tokoh pelopor pendidikan Indonesia, Bapak Ki Hadjar Dewantara. Hari ulang tahun kelahiran beliau ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional atau disingkat Hardiknas.
Beliau juga pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Namanya juga diabadikan pada nama sebuah Kapal Perusak Kawal berpeluru kendali. Kapal ini juga merupakan kapal perang latih bagi anggota TNI AL dan dinamakan KRI Ki Hajar Dewantara.
Sesosok anak bangsa yang menjadi mascot pendidikan Indonesia, dengan sebuah ajarannya yang sangat termasyur yaitu tut wuri handayani dari belakang seorang guru harus bisa memberikan dorongan dan arahan, ing madya mangun karsa di tengah atau di antara murid, guru harus menciptakan prakarsa dan ide, dan ing ngarsa sung tulada di depan, seorang pendidik harus memberi teladan atau contoh tindakan baik. Sebuah runtutan kalimat yang memiliki semangat morality dan kemajuan.
Hari pendidikan nasional adalah hari dari jati diri bangsa dimana hari pendidikan bisa menggambarkan bangsa kita, bangsa yang besar,  bangsa yang peduli akan pendidikan, dan pendidikan adalah modal awal dari perkembangkan bangsa.


SELAMAT HARI PENDIDIKAN NASIONAL 2018

Baca juga

Posting Komentar